Pusat Baja Ringan Yogjakarta

Sabtu, 22 Juni 2019

Cara Yang Benar Merawat Baja Ringan


Cara Merawat Baja Ringan Tidak Mudah Berkarat

Hindari Hal - Hal Ini Agar Baja Ringa Tidak Mudah Berkarat 

Baja Ringan KANIA 710 kini menjadi pilihan masyarakat untuk pengganti kayu, penompang bagian atas rumah. 

Meskipun di lapisi dengan zat-zat yang mengandung anti karat. Bukan berrti baja ringan ini terbebas dari korosi atau proses pengaratan. Ada 4 pemicu yang dapat baja ringan menjadi karat : 

1) Hujan Dan Panas 

Pada dasarnya, baja ringan bukanlah material eksterior dan tidak diciptakan untuk tahan terpaan hujan dan panas secara masif. Terpaan cuaca apalagi di Indonesia yang kerap tak menentu cepat atau lambat dapat menggerus daya tahan lapisan antikarat di baja ringan. Imbasnya, proses korosi akan lebih cepat terjadi dari garansi yang diberikan. Sebagai upaya pencegahan, baja ringan sebaiknya ditempatkan di dalam ruang tertutup yang terhindar dari sinar matahari dan hujan serta jangan lakukan pemasangan baja ringan ketika musim hujan.

 Pada dasrnya, baja ringan bukanlah bahan material eksterior dan tidak di ciptakan untuk tahan terpaan hujan dan panas secara masif. Apalagi terpaan cuaca di Indonesia yang cuaca sering tak menentu cepat atau lambat dapat menggerus daya tahan lapsan antikarat di baja ringan. Imbasnya, proses korosi akan lebih cepat terjadi dari garansi yang di berikan oleh perusahaan.

2) Air Semen

Sebisa mungkin baja ringan yang sedang di kerjakan oleh tukang jauhkan dari adonan semen. Pasalnya, menempel nya air semen pada permukaan baja ringan bisa menghasilkan reaksi kimia yang berpotensi merusak lapisan antikarat pada baja ringan. Hal itu akan cepat terjadi di permukaan baja ringan yang lapisan anti karatnya berjenis zinc (galvanis). Saat tahap konstruksi berlangsung, hal ini mesti di lakukan adalah melindungi baja ringan dari proses pembetonan atau aduk semen. Hindari juga pengaplikasian adonan semen untuk karpus atau genteng nok langsung di atas rangka atap baja ringan dan buatlah lapisan kedap air sebagai pembatas untuk hal tersebut. 

3) Tergores Alat Kerja 

Ketika terdapat goresan pada permukaan baja ringan, Maka otomatis baja tersebut akan berhubungan langsung dengan oksigen. proses oksidasi antara oksigen dn zat kimia baja itulah yang kemudian menimbulkan karat. Ketika terjadi kerusakan akibat bekas sambungan yang terbuka atau salah potong sebaiknya cepat lakukan pelapisan ulang baja ringan menggunakan cat anti-karat. Untuk pencegahan lebih lanjut, kurangi kesalahan dalam memasang baja ringan agar tidak menimbulkan banyak goresan di permukaan baja ringan.

4) Larutan Asam

Cairan atau larutan yang bersifat asam sangatlah reaktif ketika bersinggungan dengan permukaan baja ringan. Jika itu terjadi maka coating atau lapisan antikarat pada baja ringan akan mengelupas dan seketika mampu menimbulkan karat pada permukaan baja ringan tersebut. 

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LOKASI KANIA 512 YOGYAKARTA




Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *